Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Targetkan Capaian SPI dan MCP Tahun 2024 Meningkat

By Inspektorat IT Team 20 Mei 2024, 16:29:55 WIB Daerah
Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Targetkan Capaian SPI dan MCP Tahun 2024 Meningkat

Dalam rangka percepatan pemberantasan korupsi, Pemerintah Daerah harus berupaya meningkatkan Monitoring Center for Prevention (MCP) selaras dengan Survey Penilaian Integritas (SPI). Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang Agus Triyono saat memberikan materi pada kegiatan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas dan Anti Korupsi Tahun 2024, Senin (20/5/2024) bertempat di Ruang Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang.

Dalam paparannya yang berjudul Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan
Melalui MCP dan Integritas Daerah, Sekda menjelaskan bahwa SPI merupakan skor yang menunjukkan persepsi baik dari pihak internal maupun eksternal instansi terkait dengan pelaksanaan pencegahan korupsi yang telah dilaksanakan instansi (penilaian pada level output). Sedangkan, MCP memetakan capaian target atas upaya pencegahan korupsi yang dilaksanakan pemerintah daerah (penilaian pada tahap input). Jika SPI lebih rendah dibandingkan MCP maka upaya pencegahan korupsi masih belum dirasakan oleh stakeholder baik internal maupun eksternal.

Baca Lainnya :

Lebih lanjut Sekda menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk percepatan peningkatan nilai MCP dan SPI, diantaranya yang pertama menyusun, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan Rencana Aksi Atas Risiko berdasar Hasil SPI Tahun 2023, termasuk berkomitmen menyelenggarakan dan melakukan pelaporan pemenuhan indikator MCP secara berkala melalui SIMWAS – FRC. Yang kedua, Lebih optimal dalam melakukan internalisasi, membangun Budaya Anti Korupsi di intern Perangkat Daerah, melakukan percepatan penyelenggaraan program anti korupsi secara nyata selaras dengan indikator MCP dan FRC, sehingga pengendalian fraud benar-benar dirasakan personil intern, masyarakat, eksper dan seluruh stakeholder. Dan yang ketiga, melakukan peningkatan kompetensi dan Sosialisasi Anti Korupsi untuk pegawai (internal) dan pengguna layanan publik (eksternal), termasuk melakukan Sosialisasi Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas bulan Juli – Oktober 2024.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga sebagai narasumber, Muhammad Nizar, S.H., M.H. Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Lumajang yang menyampaikan materi Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi, Irwan Lukito Hadi, S.H. Kanit Tipidkor Satreskrim Kepolisian Resort Lumajang yang menyampaikan materi Sosialiasi Pelaksanaan Survey Penilaian Integritas Dan Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi, dan APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Lumajang yang menyampaikan materi Peningkatan MCP dan SPI Melalui Fraud Risk Control (FRC) dan Gambaran Umum Pelaksanaan SPI tahun 2024. Adapun hal-hal terkait pelaksanaan SPI tahun 2024 dapat diunduh melalui link http://bit.ly/MateriSPI2024Lumajang.