Jum. Feb 26th, 2021

Selamat Datang di

SITUS INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN LUMAJANG

TAPPA

TIM ASISTENSI PERCEPATAN PENYERAPAN APBD
(TAPPA)

Dalam rangka percepatan penyerapan APBD untuk meningkatkan perekonomian dan kesehteraan rakyat melalui upaya mempercepat penggunaan/realisasi APBD, dima umumnya penyerapan APBD masih rendah dan tidak tepat waktu sesuai rencana.

Salah satu penyebab belum optimalnya penyerapan APBD diantaranya :

  1. Dinamika kebijakan pemerintah;
  2. Kurangnya pemahaman pengelolaan anggaran terhadap regulasi yang ada;
  3. Adaya kekhawatiran akan dampak hukum.

Sehubungan dengan hal tersebut sebagaimana  surat Menteri Dalam Negeri nomor : 903.05/5999/SJ tanggal 2 November 2020 perihal Pembentukan tim asistensi percepatan penyerapan APBD, dimana pembentukan Tim Asistensi Percepatan Penyerapan APBD yang terdiri dari :

  1. Unsur Inspektorat Daerah;
  2. Unsur Kejaksaan Negeri;
  3. Unsur Kepolisian Resort.

Dimana tim tersebut bertugas untuk :

  1. Melaksanakan asistensi percepatan penyerapan APBD Kabupaten/Kota secara periodic tanggal 15 dan 30 Setiap bulannya;
  2. Mengidentifikasi hambatan dan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam penyerapan APBD;
  3. Memberikan layanan Konsultasi dalam hal terdapat keraguan untuk merealisasikan anggaran di daerah;
  4. Memberikan laporan secara periodic kepada kepala daerah dan ditembuskan kepada Gubernur dan/atau Menteri Dalam Negeri.

Adapun OPD yang terkait erat dalam koordinasi penyelenggaraan tugas TAPPA antara lain :

  1. Bappeda;
  2. BPKD;
  3. Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa;

Layanan TAPPA :

1.Dasar Hukum

2.Pengajuan Konsultasi

3.Pelaporan

4.Monitoring dan Evaluasi TAPPA

  • Monitoring online TAPPA
  • Form Notulen Rapat TAPPA
  • Form Hasil konsultasi TAPPA
  • Form Laporan Hasil Evaluasi TAPPA
  • Form Laporan TAPPA
  • Form Laporan Hasil Evaluasi TAPPA